Friday, May 9, 2008



Hari kamis, 8 May 2008 aku harus minta ijin dari kantor selama beberapa jam buat nganter Dimas ke TK YPPSB Sangatta. Sekolah dari Yayasan PT. KPC yang di peruntukkan bagi anak - anak karyawan.
Semula sempet kwatir, Test nya seperti apa? Dimas nya bisa nggak? secara Dimas agak susah kalo harus disuruh suruh gurunya.

Jam 08.30 aku dah meluncur dari tambang langsung ke Town hall rencana mo Issue ticket duluan di Bayu Buana (rencana liburan.. for next posting) aku coba call my mom buat janjian, ternyata Hp di tinggal di rumah dan my hubby yg angkat akhire dia kepengen jg ikut nganter dimas test, Padahal pagi itu dia harus tidur karena baru saja masuk shift malam.
Setelah Issue ticket, langsung meluncur ke Play Group Kefas dan mintakan ijin dari Guru Dimas untuk bawa Dimas test.

Saat masuk pelataran TK, sempet bingung juga dengan denah yang di tulis di papan tulis. informasinya tidak informatif... apa yg di tulis ngebuat bingung apa yg harus orang tua lakukan pertama kali disana. Aku langsung aja menuju ke Aula, ternyata disana sudah berkumpul banyak sekali orang tua yg juga kebingungan 'what should i do?'
Ternyata ada banyaaaaaaakk sekali teman-teman sebaya Dimas (baca = pesaing) yang akan masuk ke TK ini. Ketika salah satu ibu guru mendatangi kami dengan memberikan sedikit instruksi dengan micropon.... sekali lagi disayangkan... urutan test, daftar ulang, pengukuran baju dan foto badge tidak dilaksanakan dengan terurut. Dengan metode First come first serve membuat para orang tua berebutan untuk mendapatkan formulir dan kartu warna Pink untuk Di isi.
Dengan gerak cepat tinggal landas.. aku langsung mengambil formulir dg harapan bisa cepat-cepat bawa Dimas masuk ke ruang test keburu dia kecapekan karena heboh disitu banyak mainan anak TK yang di coba nya satu-satu.
Saat isi formulir, HP on Call kantor nggak henti-hentinya bunyi... minta ini itu... order ini itu.. bikin acara tulis menulisnya jadi lambat.
Beruntung ada My Mom turut serta jadi bisa ngawasi Dimas yg kehebohan dengan banyaknya mainan disitu. Selesai isi formulir, melapor ke Guru.. langsung narik Dimas masuk ke ruangan test.
Di pintu Dimas disambut Bu Guru...
"Halllooo selamat pagi anak Hebat.....ayuk.. masuk ke Dalam.."
"Ibu gak usah masuk ya.... anaknya sepertinya berani gak ditemani"
Maksud hati aku jg ingin kedalam pengen ngerti gimana Dimas jawab pertanyaan.... Dimas juga sempat memandang aku dengan harapan agar aku bisa turut serta dengannya. Tapi demi kemandirian :D aku lepas dia masuk ke ruang test sendiri, dan cuma ngawasi dari kaca luar.
Didalam Dimas disambut lagi oleh Guru Pengetes .. dan ternyata dia adalah Bu Oon mantan tetangga di G-House dulu... phuiih... syukurlah.. Dimas di tes bu Oon yang baik hati itu.

Dimas keliatan tegang dengan situasi baru yang di hadapinya... tapi bu Oon berusaha membuat suasanya jadi happy.... dari luar kulihat Dimas ditanya-tanya.. mungkin seputaran Nama, Alamat, orang tua dlsb....... setelah itu bu Oon menunjukkan kertas warna warni yg harus di jawab Dimas. Sepertinya ada beberapa yang berhasil disebut dan ada beberapa yang salah.
Setelah itu, menghitung..... yang ini keliatan nervous banget.. secara Dimas lebih suka bilang : one, two, three... daripada satu, dua, tiga...karena nomor 6 selalu hilang.
yang sama sekali ga bisa disebut Dimas adalah menyebut Angka... dia belum bisa Menunjuk mana itu angka satu, mana itu angka 5
Next step adalah Menyanyi.... dari rumah dia udah nyiapin lagu 'Bila kuingat lelah.... ayah bunda.. bunda piara.. piara...' tapi napa waktu disuruh nyanyi dia malah nyanyi 'Balonku ada lima' he..he..he.. milih gampangnya kale....
selanjutnya adalah lempar tangkap bola...naaaaahhh yg ini aku gak kuatir... Dimas paling jago dengan urusan bola...... berikutnya pasang puzle, ku lihat bu Oon tanya.. Dimas mau buat apa? jawabnya dengan lantang 'Pesawat terbang' walo jadinya malah kayak Mobil2an.... habis itu pasang puzzle yang bulat-bulat... jd was was secara dirumah gak punya puzzle model gituan. tapi pas tak perhatikan tangan Dimas lincah memasang puzzle dijadikan lingkaran dan dibuat seperti bunga.... hmmmmm.. mayan juga.......
Over all... aku ngerasa puas dengan kemandirian & keberanian Dimas secara masih banyak yang ditemani emaknya dan masih nangis kekejer ketemu bu Guru.
Disini kelihatan sekali mana anak-anak yang ikut Playgroup dan mana yang tidak.

Selesai test aku langsung masuk ke post Daftar ulang, ibu langsung gantikan baju Dimas dengan baju TK yg udah di beli beberapa bulan yg lalu (curi start belinya) ... setelah selesai bayar 95rb dan Dimas sudah siap dengan baju TK nya... kita lari lagi ke tempat Foto Badge.... Gak harus nunggu lama walo yang antri banyak.... yg antri karena mereka ga ada seragam dan harus gantian dengan yang lain. saat disuruh Pose .. gaya narsis Dimas mulai muncul... sekali cepret hasil langsung Ok dan tinggal satu step lagi pesen Baju Olah raga.
Karena seragam lain udah dibeli sebelumnya, hanya kurang baju Olah raga dan Topi... sembari aku antri di pengukuran seragam yg mayan lama karena anak-anak yg dilayani pertama harus fitting baju dulu.
Saat aku ngantri, Dimas sudah gak tau kemana.....yg pasti heboh lagi dengan mainan-mainan disana. Sampe selesai semua step pendaftaran, Dimas gak mau di ajak pulang.... dia masih seneng main disana.... baru berapa jam disitu.. Dimas udah punya banyak kenalan dan mereka langsung akrab.... oh indahnya dunia anak-anak... banyak sekali teman ...

Akhirnya setelah agak lama, aku bisa mbujuk Dimas supaya mau pulang.... dia mau pulang tapi harus naik Bus sekolah...gak mau bareng kita .. pheewww ni anak... belum resmi jadi murid rasa memilikinya dah tinggi banget...
pas dilihat di halte sekolah ga ada Bis, jadi terpaksa dia ga bisa nolak Baby Blue kita :D :D

yaahh.. itu tadi pengalaman heboh antara aku dan my little boy di tes masuk kindegarten. seragamku jadi basah kuyub karena keringat... desak-desakan ama orang tua lain, antri, dan lari sana sini biar ga kelamaan ngatri....
 
posted by Devi Sindu at 8:17 AM

0 Comments: