Saturday, April 28, 2007




Aku bukan wanita Jawa tulen...
Ayahku asli keturunan Padang, Ibu asli magelang.
Aku lahir dan besar di Magelang.
So..mahirlah aku bahasa jawa....
tapi bukan jawa Kromo Inggil.... coz my mom jg nggak bisa bahasa kromo inggil. lebih-lebih ayahku.......sampe aku SMA baru bisa beberapa kosa kata bahasa jawa... itupun bahasa 'Ngoko' yg kasar. Dirumah bahasa yang digunakan bahasa campur-campur.
cuma kalo diajak ngomong pake bahasa jawa ya mudheng aja.

Nilai raport bahasa jawa ku paling tinggi 6... nggak pernah dapat nilai yang memuaskan.....

Dari SMP,SMA sampe di Politeknik semarang....nggak 100% aku pake bahasa jawa. biarpun dengan temen yang sesama magelangan kadang pake bahasa Indonesia. Nggak tau kenapa, kalo pake bahasa indonesia kesannya lebih kereenn getu.

malah ada sepupuku yang semasa kecilnya di magelang, diajak ortunya beberapa bulan ke Kalimantan dan balik lagi ke magelang bahasanya jadi bahasa Indonesia 100%... nggak mau pake bahasa jawa, alasannya siih udah lupa dg bahasa jawa.
aku sempet mikir, apa iya cuma beberapa bulan di kalimantan bisa 'melupakan' bahasa jawa? apa di kalimantan nggak ada orang jawa? biarpun nggak ada orang serumahnya kan orang Jawa semua.... masak sesekalipun nggak pernah pake bahasa jawa?? hmm.... aneh juga.

di pergaulanku di Semarang juga aku lebih sering pake bahasa indonesia, tapi dengan teman2 yang dekat masih tetep pake bahasa jawa. so... bahasa Indonesiaku nggak 'Medog' biarpun lingkunganku orang jawa.

Tibalah saatnya aku di Sangatta, yang ditempati dengan berbagai macam suku yang beragam.
Bertemu dengan komunitasnya mereka akan menggunakan bahasa daerah masing-masing.
Aku pernah berkumpul dengan komunitas yang sebagian besar orang Bugis, juga pernah orang Toraja.... sering aku cuma bengong aja ngeliat apa yg mereka bicarakan.

dan sekarang aku kebetulan ditempatkan di sebuah komunitas yang banyak orang Jawa nya.
tapi bukan jawa tengah, Jawa Timuran rek.....
Kadang nggak merhatikan siapa & suku apa yang kita ajak bicara... semua dihajar pake bahasa Jawa...he..he..he.. pemerkosaan bahasa katanya.
jadilah tiap hari kita baku hajar bahasa jawa..... bahasa jawa timuran emang sedikit lebih kasar dibanding dengan bahasa jawa magelangan.

Saat ini Gaya bahasaku lebih mirip orang Jawa timur dibanding dengan orang magelang.
justru yg nggak terima teman-temanku di magelang.... mereka spt nggak terima saat mendengar logat Jawaku yang malah tambah medok dan lebih kasar......
Dimana tutur katamu yang lemah lembut dulu...he..he..he..di Sangatta, khususnya di Tambang, di Proyek lagi kalo kita masih lemah lembut gemulai bakal digiles.....penampilan boleh feminim...
tapi jiwa harus Gagah.........

aku bangga jadi orang jawa, bangga punya bahasa jawa dan sejak disini aku lebih banyak menghargai karya2 seniman jawa. aku terapkan juga Unggah-Ungguh, tata krama budaya jawa ke anakku, juga aku ajarkan bahasa jawa supaya anakku nggak lupa usulnya.

ini bukan SARA lo...... ini ungkapan hati ajah.....


 
posted by Devi Sindu at 8:56 AM

0 Comments: